Forkim Gelar Pelatihan Penulisan Opini dan Berita

21 September 2023 oleh
LP2M

 Pengurus Forum Riset Karya Ilmiah (Forkim) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare periode 2023/2024 menggelar Pelatihan Menulis Opini dan Berita dengan tema “Mengeksiskan Gagasan, Menebarkan Sudut Pandang” bertempat di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare.

Dalam kegiatan pelatihan opini dan berita ini dibagi menjadi dua sesi dengan pemateri yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing. Pemateri pertama bernama, Dr. Ahdar, S.Ag., S.Sos., M.Pd.I yang telah menulis berbagai macam opini dan mempublikasikannya di berbagai media. Pemateri kedua bernama Hayana, M.Sos selaku penulis dan juga admin website IAIN Parepare.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 April 2023/24-25 Ramadan 1444 Hijriah. Meski demikian, hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi anggota Forkim untuk terus belajar. Alif Ikhwan selaku ketua umum memberikan motivasi pada anggota Forkim agar tetap semangat guna dapat menyukseskan kegiatan ini walaupun tengah menjalankan ibadah puasa.

“Niatkan apa yang kita lakukan semata-mata hanya karena Allah. Jangan niat belajar karena hal lain, agar ilmu yang diterima bisa maksimal, dan amalan pahalanya juga bisa bertambah,” ujar Alif.

Alif Ikhwan juga memiliki harapan yang cukup besar mengenai kegiatan ini. “Setelah teman-teman mengetahui cara membuat berita dan opini, kiranya mereka mampu untuk mengimplementasikannya, baik itu di ranah HMPS maupun Forkim itu sendiri,” ucapnya.

Koordinator Divisi Opini dan Berita, Rizkyanti mengungkapkan alasan yang menjadi latar belakang terlaksananya kegiatan ini.

“Pelatihan ini merupakan program kerja pertama divisi opini dan berita. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu menjadi langkah awal bagi anggota Forkim serta para pengurus divisi opini dan berita untuk terus belajar, berproses, dan berkarya,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan opini dan berita ini bertujuan untuk menambah wawasan agar mampu terus menulis, terlebih kegiatan tersebut dilangsungkan dalam bulan Ramadan, tentu akan berpeluang untuk menciptakan berbagai opini dan berita yang menarik terkait Ramadan ini.

“Tujuan pelatihan ini ialah menumbuhkan semangat serta menambah wawasan para anggota Forkim untuk terus menulis baik menulis opini dan berita maupun tulisan lainnya sehingga mampu melahirkan regenerasi Forkim dengan pengetahuan dan karya tulisan yang berkualitas . Selain itu, mengingat sekarang bulan Ramadan tentunya banyak berita yang bisa diberitakan serta berpeluang untuk membuat beragam opini yang menarik dan bermanfaat,” ungkap Rizkyanti.

“Kegiatan pelatihan menulis opini dan berita ini sengaja dilaksanakan di hari libur agar tidak mengganggu waktu perkuliahan. Anggota Forkim yang berminat mengikuti pelatihan ini tentu akan meluangkan waktu dan kesempatannya untuk hadir serta belajar banyak dalam pelatihan ini,” sambungnya. 

Penulis: Herul (anggota Forkim)


di dalam Berita