ICMI Parepare Tegaskan Tidak Ada Rekomendasi Penolakan Sekolah Kristen Gamaliel di Parepare

9 Oktober 2023 oleh
LP2M

Parepare, 9 Oktober 2023 - Dewan Pengurus Organisasi Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Parepare menegaskan bahwa mereka tidak pernah merekomendasikan atau menginisiasi pemasangan spanduk penolakan terhadap pendirian Sekolah Kristen Gamaliel di Kota Parepare. Pernyataan ini dikeluarkan sebagai respons terhadap beredarnya spanduk ICMI yang menyebutkan bahwa ICMI mendukung penolakan sekolah tersebut.


Menurut Ketua ICMI ORDA Parepare yang merupakan dosen FAKSHI IAIN Parepare, Dr. H. Mahsyar, M.Ag.,, ICMI selalu berkomitmen untuk mempromosikan dialog antarumat beragama dan toleransi di masyarakat. "Kami tidak pernah terlibat aksi penolakan terhadap pendirian Sekolah Kristen Gamaliel. Sebaliknya, kami siap memediasi dan memfasilitasi dialog konstruktif antara berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang harmonis dan saling menghormati," kata Dr. Mahsyar.


ICMI juga mengantisipasi kemungkinan adanya konflik horizontal sebagai dampak dari penolakan tersebut. Mereka bersedia bekerja sama dengan pihak berwenang dan pemangku kepentingan lainnya untuk mencegah potensi konflik yang dapat merugikan masyarakat Kota Parepare.


Tak bisa dipungkiri bahwa Kota Parepare sudah lama memiliki beberapa sekolah Kristen yang eksis. Mayoritas masyarakat di sini telah lama terbiasa hidup berdampingan dengan penganut keyakinan berbeda. Masyarakat Parepare sendiri dikenal memiliki semangat keberagaman yang kuat dan saling menghormati, serta tidak memiliki masalah dengan narasi SARA.


Dalam beberapa dekade terakhir, pendirian sekolah-sekolah berbasis agama telah menjadi bagian dari kehidupan Kota Parepare. Sekolah Kristen, Islam, dan sekolah berbagai agama lainnya telah berperan dalam mendidik generasi muda dengan nilai-nilai keagamaan dan moral yang berbeda. Hal ini telah membantu menciptakan masyarakat yang beraneka ragam namun tetap harmonis di Kota Parepare.


ICMI berharap agar situasi ini dapat diselesaikan secara damai dan bahwa semua pihak dapat berkomunikasi dengan bijaksana untuk mencari solusi yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat. Selain itu, ICMI juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga semangat kebersamaan dan toleransi yang telah menjadi ciri khas Kota Parepare selama ini.

di dalam Berita